Menu Sehat ala Dokter Gizi dr. Sylvia Irawati

Banyak cara untuk menjaga berat tubuh agar tidak berlebihan salah satunya mengatur pola makan. Menurut Dokter Gizi dr. Sylvia Irawati, menu yang disarankan haruslah rendah lemak, rendah gula, kaya serat, vitamin dan mineral.

"Diet yang baik itu sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang baik dari jenis maupun jumlahnya, salah satunya bisa dengan diet 1000 kalori," ujar wanita kelahiran Surabaya, 24 Februari 1986 ini saat diwawancarai Liputan6.com ditulis Senin (02/8/2013).

Bahan makanan sumber karbohidrat, protein hewani rendah lemak, protein nabati, buah, minyak tidak jenuh dan pemanis berkalori menurut dr. Sylvia masing-masing diperlukan 2 porsi dalam satu hari sedangkan untuk sayur diperlukan 3 porsi perhari.

"Kebutuhan kalori setiap orang berbeda, tergantung dari usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik, hamil atau menyusui," jelasnya.

Protein hewani pilih satu potong sedang ayam tanpa kulit dengan kandungan 50 kal tiap porsinya dan 100 kal untuk kandungan nutrisinya.

Berikut contoh menu sehat yang dapat diterapkan dalam satu hari menurut anjuran dr. Sylvia Irawati, setiap menu dilengkapi buah dan sayur.


  • Sarapan dilakukan pukul 07.00
Vegetable tofu sandwich:
2 lembar roti gandum
1 buah tahu kukus/rebus
Beberapa lembar selada, beberapa irisan tomat dan timun
1 porsi buah
  • Camilan pagi pukul 10.00
Yogurt low fat
  • Makan siang pukul 12.00
1 porsi Nasi merah 100 gram
1 porsi tumis brokoli jamur
1 porsi Orak arik tahu tempe
  • Camilan sore pukul 15.00
porsi buah ditambahkan dua keping biskuit gandum
  • Makan malam pukul 18.00
1 porsi nasi merah 100 gram
1 porsi sup kacang merah
1 porsi tumis buncis saus tiram

Untuk buah dapat dipilih apel, pisang, melon dan mangga. Untuk takaran 1 porsi buah terdiri dari
1 Apel ukuran sedang, pisang 1 buah, melon 1 potong besar, mangga ¾ buah ukuran besar. Sayur dapat dipilih bayam, brokoli, buncis, caisiim dan kangkung dengan takaran 100 gram tiap porsinya.

Sumber http://health.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar